Skip to main content

Perintah-Perintah Dasar pada Mikrotik

Assalamualaikum .wr .wb kali ini saya akan memaparkan beberapa perintah-perintah dasar untuk mikrotik beserta contohnya. Langsung saja kita mulai check it out
  1. Login Pada Mikrotik Routers
Login: admin <enter>
Password: (kosongkan) <enter>
C:\Users\LENOVO\Pictures\1.png

  1. Mengganti nama Mikrotik Routers
System identity set name=nama sesuai yang kamu inginkan
C:\Users\LENOVO\Pictures\2.png

  1. Mengganti nama interface
Interface set 0 name=nama sesuai yang kamu inginkan
  1. Melihat interface pada Mikrotik Routers
Interface print
C:\Users\LENOVO\Pictures\3.png

  1. Menambahkan/mengatur IP address pada interface Mikrotik
Ip address add/set address=192.168.10.21 netmask=255.255.255.0 interface=(nama interface mikrotik kita)tanpa tanda kurung
  1. Melihat konfigurasi IP address yang sudah kita atur
Ip address print
C:\Users\LENOVO\Pictures\4.png

  1. Mengatur DNS pada Mikrotik Routers
Ip dns set server=8.8.8.8 allow-remote=yes/no
  1. Melihat komfigurasi DNS pada Mirotik yang sudah kita atur
Ip dns print
C:\Users\LENOVO\Pictures\5.png

  1. Menambahkan/mengatur gateway pada Mikrotik Routers
Ip route add/set gateway=192.168.10.1
  1. Melihat konfigurasi gateway pada Mikrotik Routers yang sudah kita atur
Ip route print
C:\Users\LENOVO\Pictures\6.png

  1. Melihat mac address Mikrotik
Tool mac-scan (nama interface Mikrotik kita)tanpa tanda kurung
C:\Users\LENOVO\Pictures\7.png

  1. Mematikan Mikrotik Routers
System shutdown
  1. Merestar Mikrotik Routers
System reboot
  1. Mereset konfigurasi Mikrotik yang sudah kita atur tadi
System reset.

Mungkin itu dulu yang dapat saya berikan. Mungkin akan saya tambahkan perintah-perintah lainnya jika ada waktu luang. Perintah-perintah Mikrotik di atas itu baru dasarnya saja. Sampai disini dulu posingan saya kali ini, sampai jumpa di lain waktu sekian wassalamualaikum .wr .wb bye....

Comments

Popular posts from this blog

Memahami Permintaan dan Kebutuhan Pelanggan

Memahami Permintaan dan Kebutuhan Pelanggan A.   Permintaan Pelanggan Pelanggan adalah orang atau instansi atau lembaga yang melakukan pembelian produk baik barang maupun jasa secara berulang – ulang Pengumpulan Informasi, Pengelolaan Dan Implementasinya Di Tempat Kerja. Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Permintaan berkaitan dengan keinginan konsumen akan suatu barang dan jasa yang ingin dipenuhi. Dan kecenderungan permintaan konsumen akan barang dan jasa tak terbatas. Macam – macam pelanggan : 1)    Pelanggan dari segi banyaknya 2)    Pelanggan dari segi usia 3)    Pelanggan dari segi jenis kelamin 4)    Pelanggan dari segi tingkat pendapatan 5)    Pelanggan dari segi pendidikan 6)    Pelanggan dari segi waktu pembelian 7)    Pelanggan dari segi alur penjualan 8)...

Teori Pemisahan Kekuasaan (Trias Politica)

Teori Pemisahan Kekuasaan (Trias Politica) Teori Pemisahan Kekuasaan (Trias Politika) merupakan konsep pemerintahan yang kini banyak dianut diberbagai negara di aneka belahan dunia. Konsep dasarnya adalah, kekuasaan di suatu negara tidak boleh dilimpahkan pada satu struktur kekuasaan politik melainkan harus terpisah di lembagalembaga negara yang berbeda. Trias Politika yang kini banyak diterapkan adalah, pemisahan kekuasaan kepada 3 lembaga berbeda: Legislatif, Eksekutif, dan Yudikatif. Legislatif adalah lembaga untuk membuat undang-undang, Eksekutif adalah lembaga yang melaksanakan undang-undang, dan Yudikatif adalah lembaga yang mengawasi jalannya pemerintahan dan negara secara keseluruhan, menginterpretasikan undang-undang jika ada sengketa serta menjatuhkan sanksi bagi lembaga ataupun perseorangan manapun yang melanggar undang-undang. Prinsip pemisahan kekuasaan dikembangkan oleh dua pemikir besar dari Inggris dan Perancis, John Locke dan Montesquieu. Konsep pemisahan kek...

Pembentukan Tim Kerja

1.       Pengertian Tim Kerja Pertama-tama yang dimaksud dengan Tim Kerja (team work) di sini adalah suatu kelompok orang yang bekerja sama secara tetap, teratur dan sesering mungkin untuk mencapai Tujuan Bersama. Kedua, dengan telah dikenalinya karakteristik dari pekerjaan yang akan dikerjakan dan karakteristik dari individu-individu dari anggota tim, maka proses pembentukan tim harus mengacu pada keduanya dan yang berorientasi Jangka Panjang. Walaupun telah ada proses pengenalan atas pekerjaan maupun ciri kepribadian anggota tim, untuk dapat menjadi tim tersebut sebagai tim kerja yangEfektif tidaklah mudah. Untuk itu ada dua hal yang perlu diperhatikan dan diupayakan penciptaannya yaitu : adanya daya ikat (kohesi) dan daya padu di dalam tim kerja tersebut. Ø   Daya ikat (kohesi) suatu tim  tumbuh dari pengalaman bersama seluruh aggota bekerja sebagai suatu kelompok dalam waktu yang cukup lama. Pengalaman yang cukup lama seperti itu m...