Skip to main content

PRAKTIKUM JARINGAN DASAR

NAMA KELOMPOK:
-NABIL HAMZAH AL-BANTANI
-NESHA

Laporan
1.Pemaparam penggunaan Remote Desktop dan Teamviewer
2.Perbandingan Remote Desktop dengan Teamviewer

mari kita mulai......

1.PEMAPARAN PENGGUNAAN REMOTE DESKTOP DAN TEAMVIEWER

A.CARA MENGGUNAKAN REMOTE DESKTOP

Untuk menggunakan fitur remote desktop ini, komputer yang mengatur dan yang di atur harus terkoneksi dengan jaringan (LAN/Internet) yang sama, sedangkan pada artikel kali ini kita akan membahas yang menggunakan LAN, oleh karena itu pastikan kedua komputer terhubung di dalam jaringan LAN yang sama, berikut adalah caranya.

Pada komputer yang ingin diremote

Remote desktop bisa mengakses komputer lain asalkan komputer yang ingin diremote
tersebut telah mengijinkan agar komputernya diremote. Oleh karena itu kita harus mengatur terlebih dahulu agar komputernya bisa diremote oleh komputer yang ingin meremote komputer tersebut. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Windows Explorer, kemudian klik kanan pada This PC atau Computer untuk Windows 7, kemudian pilih Properties.
Cara Remote Desktop Komputer Melalui LAN

2. Kemudian akan muncul window System, klik pada Advanced system settings,
Cara Remote Desktop Komputer Melalui LAN

3. Muncul lagi window System Properties, pindah ke tab Remote, kemudian centang pada Allow Remote Assistance connections to this computer dan Allow remote connections to this computer, jika sudah klik pada OK.
Cara Remote Desktop Komputer Melalui LAN

Langkah tambahan

Ulangi lagi langkah ke-1 di atas, kemudian pada window System catat nama komputer yang ada pada Computer name.
Cara Remote Desktop Komputer Melalui LAN

Catat nama user, anda bisa melihatnya dengan menekan tombol Start.
Cara Remote Desktop Komputer Melalui LAN

Catat local IP Address, dengan membuka cmd kemudian tulis ipconfig dan tekan Enter. IP address bisa dilihat pada IPv4 Address.
Cara Remote Desktop Komputer Melalui LAN

INFORMASI: Anda harus memberi password pada komputer yang ingin diremote, jika sudah ada maka anda tidak usah memberi password lagi.

Pada komputer yang meng-remote

Setelah itu kita sudah bisa untuk meng-remote komputer yang kita atur tadi dengan komputer kita. Sebelum itu, kedua komputer tersebut harus berada pada jaringan LAN yang sama, jika tidak maka komputer tersebut tidak bisa diremote. Berikut adalah langkah-langkah untuk meng-remote komputer yang tadi.

1. Buka run kemudian tulis mstsc, kemudian klik OK/Enter.
Cara Remote Desktop Komputer Melalui LAN

2. Kemudian akan muncul window Remote Desktop Connection, klik pada Show Options,
Cara Remote Desktop Komputer Melalui LAN

3. Lalu, isi kolom Computer dengan IP Address yang sudah dicatat tadi. Isi juga kolom User namedengan Nama komputer\nama user yang sudah dicatat tadi, kemudian klik Connect.
Cara Remote Desktop Komputer Melalui LAN

4. Pada dialog Enter your credentials, isikan password komputer yang ingin diremote, kemudian klik OK.
Cara Remote Desktop Komputer Melalui LAN

5. Jika ada dialog The identity of the remote cannot be verified. Do you want to connect anyway, klik saja pada Yes.
Cara Remote Desktop Komputer Melalui LAN

6. Kemudian anda akan tersambung, dan bisa mengatur komputer yang di-remote layaknya duduk langsung di depan komputer tersebut.
Cara Remote Desktop Komputer Melalui LAN

B.CARA MENGGUNAKAN TEAMVIEWER

Download dan Mengisntall teamveaver di PC


  1. Jalankan teamveaver (pihak peremote) dan juga buka teamveawer (pihak diremote) . kemudian (pihak peremot) menulis "ID partner" milik si (pihak diremote) lalu klik "conect to partner"

  2. ketika masing masing teamveawer berjalan maka (pihak peremote)  1. gambar 1 adalah tombol untuk menghubungkan atau memutuskan koneksi temaveawer klik "konect" atau abort connection jika sudah selesai . lalu (pihak diremote) memberitahukan ID dan password yang muncul di aplikasi teamveawer milik nya, (pihak peremote)  kemudian mengisikan password saat teamveaver meminta memasukkan passwordnya lihat pada nomer 2. silahkan isi dengan pasword milik (pihak diremote). lalu klk "log on".

  3. Gambar di bawah iniadalah gambar ketika proses masuk ke dalam PC (pijak diremote) , karena saya menggunakan screen capture maka muncul pesan seperti gambar di bawah ini. namun jika sobat tidak menjalankan program seperti saya biasanya tidak muncul pesan seperti di bawah ini. 
    mengetahui cara kerja team viewer
     

  4. Nah..disini (pihak peremote) sudah sukses masuk ke dalam PC pihak diremote. seperti yang sobat lihat bahwa peremote menggunakan windows XP sedangkan yang di remote menggunakan windows 8, 
    cara download remote untuk desktop

  5. Ketika dalam proses meremote pihak peremot akan leluasa mengendalikan PC pihak di remote  di dalam jendela gambar 1, sedangkan jika ingin menggunakan PC milik pihak peremot sendiri silahkan jendela bagian 1 di minimize dahulu atau bagian gambar 2. 
    cara menggunakan aplikasi teamviewer

  6. Jika sudah selesai melakukan remote dekstop nya, silahkan putuskan koneksi nya dengan abort connection, atau juga bisa lewat memutuskan koneksi internet. ketika ingin masuk lagi silahkan ulang seperti awal lagi.
  7. Kalau yang ini kita akan mengalihkan fungsi teamviwernya, Jika sobat ingin melakukan file transfer memakai teamviewer caranya bisa sedikit merubah setting pada teamviewernya pada "file transfer
     
  8. Ubah koneksinya yang semula remote menjadi "file transfer
    cara memindahkan data menggunakan teamviewer
  9. Kemudian setelah terhubung silahkan drag dan drop dari jendela PC pihak diremote nomer 1 ke pihak peremote bagian nomer 2, dan tentu saja kecepatan transfer ini tak secepat biasanya tergantung dari speed koneksi internetnya. 
    cara memindahkan data dengan koneksi internet
  10. Selamat mencoba, 

2.PERBANDINGAN REMOTE DESKTOP VS TEAMVIEWER

 A.REMOTE DESKTOP

 Kelebihan            :
  • Mudah digunakan karena sudah ada di setiap sistem operasi windows.
  • Bisa mengendalikan jarak jauh dengan syarat kedua PC saling terkoneksi ke jaringan.
  • Mampu mematikan dan menghidupkan PC secara remote.
  • Memanipulasi data suatu PC dengan mudah
  • Bisa berbagi file melalui sharing data
  • Keamanan sangat terjamin karena PC client tidak akan bisa memanipulasi data seluruh data server kecuali data yang di sharing oleh server.
  • Ada yang berperan sebagai client dan server
  • Bisa digunakan dalam jaringan yang berbeda asalkan ada koneksi internet..


Kelemahan         :
  • Dari hasil percobaan, PC akan terasa sedikit lebih berat atau lambat
  • Perlu mengetahui password komputer yang akan di remote


B.TEAMVIEWER

 

Kelebihan            :
  • Mudah untuk digunakan walaupun dengan jangkauan jarak yang cukup jauh selama suatu PC masih terkoneksi pada suatu jaringan.
  • Nyalain-matiin PC secara remote.
  • Mengontrol penuh terhadap mouse dan keyboard
  • Memanipulasi data suatu PC dengan mudah
  • Memiliki fitur video call yang memungkinkan setiap user dapat saling berkomunikasi melalui camera
  • Memiliki fasilitas chatting
  •  Bisa mengontrol penuh seluruh aktifitas pada suatu PC


Kekurangan        :
  •      Dari segi keamanan aplikasi ini sangatlah kurang karena setiap orang bisa mengakses PC kita jika mereka mengetahui username dan password pada PC kita.
  •          Tidak bisa membedakan antara client dan server karena setiap PC dapat berperan sebagai clien sekaligus server.
  •          Loadingnya lebih lambat
  •       Hanya bisa digunakan bila dua komputer yang akan digunakan ada dalam sebuah jaringan yang sama.  




Comments

Popular posts from this blog

Memahami Permintaan dan Kebutuhan Pelanggan

Memahami Permintaan dan Kebutuhan Pelanggan A.   Permintaan Pelanggan Pelanggan adalah orang atau instansi atau lembaga yang melakukan pembelian produk baik barang maupun jasa secara berulang – ulang Pengumpulan Informasi, Pengelolaan Dan Implementasinya Di Tempat Kerja. Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Permintaan berkaitan dengan keinginan konsumen akan suatu barang dan jasa yang ingin dipenuhi. Dan kecenderungan permintaan konsumen akan barang dan jasa tak terbatas. Macam – macam pelanggan : 1)    Pelanggan dari segi banyaknya 2)    Pelanggan dari segi usia 3)    Pelanggan dari segi jenis kelamin 4)    Pelanggan dari segi tingkat pendapatan 5)    Pelanggan dari segi pendidikan 6)    Pelanggan dari segi waktu pembelian 7)    Pelanggan dari segi alur penjualan 8)    Pelanggan dari segi geografis 9)    Pelanggan dari segi agama Jenis-Jenis pelanggan Umumnya terdapat 3 (t

Tutorial Cara Setting Mikrotik Sebagai Router Gateway Internet di Virtualbox dan Winbox

Saya akan memaparkan tentang cara sharing internet ke mikrotik yang ada di virtualbox. Maksudnya gateway internet itu apa sih? Perlu Anda ketahui gateway internet ini sebuah istilah yang sering saya gunakan. Maksudnya adalah router mikrotik ini nantinya akan digunakan sebagai jalan keluar untuk mengakses internet. Jadi, setiap komputer yang hendak mengakses internet pastinya melalui router mikrotik tersebut. Mungkin penjelasan tersebut agak berbelit-belit, namun jangan terlalu dipikirkan. Sebelum masuk ke pengaturan mikrotik di winbox terlebih dahulu kita seting network virtualbox. Langsung saja kita mulai come on come on Baby.... Konfigurasi Network di VirtualBox Dalam virtualbox, terdapat 2 tipe konfigurasi jaringan agar kita terkoneksi pada jaringan internet maupun jaringan dari komputer host kita sendiri, agar bisa saling sharing data antara Operasi sistem yang ada pada VirtualBox dengan Operasi sistem yang anda pada komputer kita. Langkah –langkah untuk mensharing data da

CARA MEMBUAT HOTSPOT DI MIKROTIK DAN MENGUBAH HALAMAN LOGIN HOTSPOT

CARA MEMBUAT HOTSPOT DI MIKROTIK DAN MENGUBAH HALAMAN LOGIN HOTSPOT Mikrotik  adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot dan warnet. Di sini kita menggunakan Mikrotik untuk membuat wifi hotspot dan menghubungkan dengan winbox langsung saja katia mulai. Come on come ob Baby.... Pertama buka Virtual Box yang sudah terinstal Mikrotik → kemudian kita atur Network yang ada pada Virtual box seperti yang pada gambar dibawah ini: Star Mikrotik lalu konfigurasi ip address pada Mikrotik Berikut konfigurasi ip address pada mikrotik Ketikan Perintah : [ ip address add address=192.168.50.1/27 interface=lan ] Keterangan :  Interface yang dipilih adalah lan karna interface lan menghubungkan mikrotik kelocal area network /untukclient router mikrotik Konfigursi Ip Hotspot Ber