Skip to main content

Memahami Permintaan dan Kebutuhan Pelanggan

Memahami Permintaan dan Kebutuhan Pelanggan

Hasil gambar untuk permintaan pelanggan
A. Permintaan Pelanggan
Pelanggan adalah orang atau instansi atau lembaga yang melakukan pembelian produk baik barang maupun jasa secara berulang – ulang Pengumpulan Informasi, Pengelolaan Dan Implementasinya Di Tempat Kerja.

Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Permintaan berkaitan dengan keinginan konsumen akan suatu barang dan jasa yang ingin dipenuhi. Dan kecenderungan permintaan konsumen akan barang dan jasa tak terbatas.

Macam – macam pelanggan :

1)    Pelanggan dari segi banyaknya

2)    Pelanggan dari segi usia

3)    Pelanggan dari segi jenis kelamin
4)    Pelanggan dari segi tingkat pendapatan
5)    Pelanggan dari segi pendidikan
6)    Pelanggan dari segi waktu pembelian
7)    Pelanggan dari segi alur penjualan
8)    Pelanggan dari segi geografis
9)    Pelanggan dari segi agama


Jenis-Jenis pelanggan
Umumnya terdapat 3 (tiga) jenis pelanggan yaitu pelanggan internal, eksternal dan antara. Untuk lebih lenggkapnya kamu dapat membaca penjelasan dibawah ini:

a. Pelanggan eksternal
Merupakan kelompok ataupun orang yang berada di luar perusahaan yang menerima produk. Pelanggan eksternal pada setiap perusahaan merupakan masyarakat umum yang menerima produk atau jasa dari perusahaan. Adapun beberapa hal yang diperhatikan pelanggan eksternal diantaranya: kesesuaian dengan kebutuhan produk atau jasa, kualitas produk atau jasa, haganya yang kompetitif, pengiriman yang tepat waktu dan pelayanan.

b. Pelanggan internal
Merupakan kelompok ataupun orang dalam perusahaan yang memiliki pengaruh pada peforma pekerjaan. Adapun hal-hal yang diperlukan pada pelanggan internal diantaranya seperti: kerjasama, kerja kelompok, sistem dan struktur kerja yang efesien, pekerjaan yang berkualitas serta pengiriman yang tempat waktu.

c. Pelanggan antara
Merupakan kelompok ataupun orang yang bertindak sebagai perantara produk, akan tapi bukan sebagai pemakai akhir dari produk perusahaan. Misalnya seperti agen perjalanan yang bertindak sebagai pemesan kamar penginapan untuk para pemakai akhir atau seperti  distributor yang bertindak dalam  mendristibusikan produk-produk perusahaan.

B.    Kebutuhan Pelanggan

Berikut merupakan cara mudah memahami kebutuhan pelanggan :
        Mengetahui karakter pelanggan
        Membuat hipotesis
        Segera eksekusi
        Jangan hanya terpaku data
        Melakukan pendekatan kepada pelanggan dengan sikap yang empat
        Menghindari sikap mencari-cari alas an
        Tidak memberikan interpretasi atau penafsiran yang keliru tentang pelangga
   Berusaha dengan penuh perhatian untuk mendengarkan permintaan dan kebutuhan pelanggan
        Mencatat semua kebutuhan pelanggan agar tidak lupa
        Menanyakan kembali kebutuhan pelanggan jika lupa atau kurang jelas
  Memberikan penjelasan dengan sejujur-jujurnya tentang kondisi kualitas dan harga barang yang akan dibeli oleh pelanggan

C.   Pangsa pasar proyek
Analisis pasar dalam hal ini meliputi analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif misalnya mengidentifikasi, memisahkan dan membuat diskripsi pasar. Sedangkan analisis kuantitatif misalnya menghitung besarnya perkiraan penjualan satu tahun yang akan datang.
Pada umumnya analisis pasar meliputi: Deskripsi pasar antara lain daerah atau luas pasar, saluran distribusi dan praktek perdagangan setempat. Analisis permintaan masa lalu dan masa sekarang termasuk besarnya jumlah dan nilai konsumsi barang/jasa yang bersangkutan serta identifikasi konsumen barang/jasa. Analisis penawaran barang/jasa pada masa lalu dan masa sekarang (baik dari impor maupun produksi lokal) juga termasuk informasi mengenai keadaan persaingan, harga penjualan yang terjadi, kualitas dan strategi pemasaran para pesaing.

D.  Faktor Lingkungan Eksternal

• Lingkungan eksternal adalah semua kejadian di luar perusahaan yang memiliki potensi untuk mempengaruhi perusahaan.
• Lingkungan eksternal terdiri dari unsur-unsur di luar perusahaan yang sebagian besar tak dapat dikendalikan dan berpengaruh dalam pembuatan keputusan oleh manajer.
• Lingkungan eksternal terdiri atas unsur-unsur yang berada di luar suatu organisasi, yang relevan pada kegiatan organisasi itu.


Comments

Popular posts from this blog

Teori Pemisahan Kekuasaan (Trias Politica)

Teori Pemisahan Kekuasaan (Trias Politica) Teori Pemisahan Kekuasaan (Trias Politika) merupakan konsep pemerintahan yang kini banyak dianut diberbagai negara di aneka belahan dunia. Konsep dasarnya adalah, kekuasaan di suatu negara tidak boleh dilimpahkan pada satu struktur kekuasaan politik melainkan harus terpisah di lembagalembaga negara yang berbeda. Trias Politika yang kini banyak diterapkan adalah, pemisahan kekuasaan kepada 3 lembaga berbeda: Legislatif, Eksekutif, dan Yudikatif. Legislatif adalah lembaga untuk membuat undang-undang, Eksekutif adalah lembaga yang melaksanakan undang-undang, dan Yudikatif adalah lembaga yang mengawasi jalannya pemerintahan dan negara secara keseluruhan, menginterpretasikan undang-undang jika ada sengketa serta menjatuhkan sanksi bagi lembaga ataupun perseorangan manapun yang melanggar undang-undang. Prinsip pemisahan kekuasaan dikembangkan oleh dua pemikir besar dari Inggris dan Perancis, John Locke dan Montesquieu. Konsep pemisahan kek...

Resume Buku Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer

Resume Buku Bumi Manusia  Tetralogi Bur u   karya   Pramoedya Ananta Toer Bercerita tentang seorang bernama minke. Minke adalah seorang jawa pribumi namun tumbuh dan dididik secara eropa dia sangat benci dengan eropa karena dikriminasi terhadap pribumi dan dia juga benci bangsanya terutama jawa karena bangsanya banyak yang tidak berpendidikan bahkan buta huruf selain itu juga minke lelah dengan beberapa adat budaya yang menurutnya sangat kuno. minke dia sangat takjub dan terpesona terhadap ilmu pengetahuan. Dia sangat takjub melihat perkembangan zaman yg pesat dengan pendoronganya adalah ilmu pengetahuan mulai dari besi berjalan Kereta tanpa kuda mulai masuk ke hindia belanda. Minke mempunyai teman benama Robert suurhof dan mereka pergi ke pesta di sebuah perusahaan pertanian bertemu Robert mellema dan annelies mellema. Minke awalnya canggung untuk berkenalan dengan annelies karena tidak sederajat namun annelies sangat ramah begitu juga ibunya nyai ontosoroh. Mink...