Skip to main content

Memahami Permintaan dan Kebutuhan Pelanggan

Memahami Permintaan dan Kebutuhan Pelanggan

Hasil gambar untuk permintaan pelanggan
A. Permintaan Pelanggan
Pelanggan adalah orang atau instansi atau lembaga yang melakukan pembelian produk baik barang maupun jasa secara berulang – ulang Pengumpulan Informasi, Pengelolaan Dan Implementasinya Di Tempat Kerja.

Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Permintaan berkaitan dengan keinginan konsumen akan suatu barang dan jasa yang ingin dipenuhi. Dan kecenderungan permintaan konsumen akan barang dan jasa tak terbatas.

Macam – macam pelanggan :

1)    Pelanggan dari segi banyaknya

2)    Pelanggan dari segi usia

3)    Pelanggan dari segi jenis kelamin
4)    Pelanggan dari segi tingkat pendapatan
5)    Pelanggan dari segi pendidikan
6)    Pelanggan dari segi waktu pembelian
7)    Pelanggan dari segi alur penjualan
8)    Pelanggan dari segi geografis
9)    Pelanggan dari segi agama


Jenis-Jenis pelanggan
Umumnya terdapat 3 (tiga) jenis pelanggan yaitu pelanggan internal, eksternal dan antara. Untuk lebih lenggkapnya kamu dapat membaca penjelasan dibawah ini:

a. Pelanggan eksternal
Merupakan kelompok ataupun orang yang berada di luar perusahaan yang menerima produk. Pelanggan eksternal pada setiap perusahaan merupakan masyarakat umum yang menerima produk atau jasa dari perusahaan. Adapun beberapa hal yang diperhatikan pelanggan eksternal diantaranya: kesesuaian dengan kebutuhan produk atau jasa, kualitas produk atau jasa, haganya yang kompetitif, pengiriman yang tepat waktu dan pelayanan.

b. Pelanggan internal
Merupakan kelompok ataupun orang dalam perusahaan yang memiliki pengaruh pada peforma pekerjaan. Adapun hal-hal yang diperlukan pada pelanggan internal diantaranya seperti: kerjasama, kerja kelompok, sistem dan struktur kerja yang efesien, pekerjaan yang berkualitas serta pengiriman yang tempat waktu.

c. Pelanggan antara
Merupakan kelompok ataupun orang yang bertindak sebagai perantara produk, akan tapi bukan sebagai pemakai akhir dari produk perusahaan. Misalnya seperti agen perjalanan yang bertindak sebagai pemesan kamar penginapan untuk para pemakai akhir atau seperti  distributor yang bertindak dalam  mendristibusikan produk-produk perusahaan.

B.    Kebutuhan Pelanggan

Berikut merupakan cara mudah memahami kebutuhan pelanggan :
        Mengetahui karakter pelanggan
        Membuat hipotesis
        Segera eksekusi
        Jangan hanya terpaku data
        Melakukan pendekatan kepada pelanggan dengan sikap yang empat
        Menghindari sikap mencari-cari alas an
        Tidak memberikan interpretasi atau penafsiran yang keliru tentang pelangga
   Berusaha dengan penuh perhatian untuk mendengarkan permintaan dan kebutuhan pelanggan
        Mencatat semua kebutuhan pelanggan agar tidak lupa
        Menanyakan kembali kebutuhan pelanggan jika lupa atau kurang jelas
  Memberikan penjelasan dengan sejujur-jujurnya tentang kondisi kualitas dan harga barang yang akan dibeli oleh pelanggan

C.   Pangsa pasar proyek
Analisis pasar dalam hal ini meliputi analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif misalnya mengidentifikasi, memisahkan dan membuat diskripsi pasar. Sedangkan analisis kuantitatif misalnya menghitung besarnya perkiraan penjualan satu tahun yang akan datang.
Pada umumnya analisis pasar meliputi: Deskripsi pasar antara lain daerah atau luas pasar, saluran distribusi dan praktek perdagangan setempat. Analisis permintaan masa lalu dan masa sekarang termasuk besarnya jumlah dan nilai konsumsi barang/jasa yang bersangkutan serta identifikasi konsumen barang/jasa. Analisis penawaran barang/jasa pada masa lalu dan masa sekarang (baik dari impor maupun produksi lokal) juga termasuk informasi mengenai keadaan persaingan, harga penjualan yang terjadi, kualitas dan strategi pemasaran para pesaing.

D.  Faktor Lingkungan Eksternal

• Lingkungan eksternal adalah semua kejadian di luar perusahaan yang memiliki potensi untuk mempengaruhi perusahaan.
• Lingkungan eksternal terdiri dari unsur-unsur di luar perusahaan yang sebagian besar tak dapat dikendalikan dan berpengaruh dalam pembuatan keputusan oleh manajer.
• Lingkungan eksternal terdiri atas unsur-unsur yang berada di luar suatu organisasi, yang relevan pada kegiatan organisasi itu.


Comments

Popular posts from this blog

Sharing Internet dari Laptop ke Windows di Virtual Box

Saya akan memaparkan cara share internet dari laptop ke windows 7 yang terinstal di virtual box. Langsung saja kita mulai yuuuu..... Pertama kita akan mengatatur jaringan di laptop terlebih dahulu, masuk ke control panel. Lalu pada bagian Network and Internet, pilih View network status and tasks. Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman Network and Sharing Center. Pada panel menu sebelah kiri pilih Change adapter setting. Pada bagian ini, pilih adapter mana yang akan kamu setting ip address nya. Pada contoh ini saya memilih WIFI. Pada icon adapter tersebut klik kanan, lalu pilih properties.kemudian pilih Sharing kita centang pada kolom Allow other network users.... lalu ok Jika sudah kita buka virtual box. Pastikan sudah menginstal windows 7 sebelumnya. Masuk ke pengaturan/setting → jaringan. Centang pada kolom Fungsikan adaptor jaringan → pertama pastikan pilih Adaptor Ter-bridge,kedua pilih driver jaringan yang ada di laptop. Jika ...

PRAKTIKUM JARINGAN DASAR

NAMA KELOMPOK: -NABIL HAMZAH AL-BANTANI -NESHA Laporan 1.Pemaparam penggunaan Remote Desktop dan Teamviewer 2.Perbandingan Remote Desktop dengan Teamviewer mari kita mulai...... 1.PEMAPARAN PENGGUNAAN REMOTE DESKTOP DAN TEAMVIEWER A.CARA MENGGUNAKAN REMOTE DESKTOP Untuk menggunakan fitur remote desktop ini, komputer yang mengatur dan yang di atur harus terkoneksi dengan jaringan (LAN/Internet) yang sama, sedangkan pada artikel kali ini kita akan membahas yang menggunakan LAN, oleh karena itu pastikan kedua komputer terhubung di dalam jaringan LAN yang sama, berikut adalah caranya. Pada komputer yang ingin diremote Remote desktop bisa mengakses komputer lain  asalkan komputer yang ingin diremote