Memahami
Permintaan dan Kebutuhan Pelanggan
A. Permintaan Pelanggan
Pelanggan adalah orang atau instansi atau lembaga yang
melakukan pembelian produk baik barang maupun jasa secara berulang – ulang
Pengumpulan Informasi, Pengelolaan Dan Implementasinya Di Tempat Kerja.
Permintaan adalah
sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu.
Permintaan berkaitan dengan keinginan konsumen akan suatu barang dan jasa yang
ingin dipenuhi. Dan kecenderungan permintaan konsumen akan barang dan jasa tak
terbatas.
Macam – macam pelanggan :
1) Pelanggan dari segi banyaknya
2) Pelanggan dari segi usia
3) Pelanggan dari segi jenis kelamin
4) Pelanggan dari segi tingkat pendapatan
5) Pelanggan dari segi pendidikan
6) Pelanggan dari segi waktu pembelian
7) Pelanggan dari segi alur penjualan
8) Pelanggan dari segi geografis
9) Pelanggan dari segi agama
Jenis-Jenis pelanggan
Umumnya terdapat 3 (tiga)
jenis pelanggan yaitu pelanggan internal, eksternal dan antara. Untuk lebih
lenggkapnya kamu dapat membaca penjelasan dibawah ini:
a. Pelanggan eksternal
Merupakan kelompok ataupun
orang yang berada di luar perusahaan yang menerima produk. Pelanggan eksternal
pada setiap perusahaan merupakan masyarakat umum yang menerima produk atau jasa
dari perusahaan. Adapun beberapa hal yang diperhatikan pelanggan eksternal
diantaranya: kesesuaian dengan kebutuhan produk atau jasa, kualitas produk atau
jasa, haganya yang kompetitif, pengiriman yang tepat waktu dan pelayanan.
b. Pelanggan internal
Merupakan kelompok ataupun
orang dalam perusahaan yang memiliki pengaruh pada peforma pekerjaan. Adapun
hal-hal yang diperlukan pada pelanggan internal diantaranya seperti: kerjasama,
kerja kelompok, sistem dan struktur kerja yang efesien, pekerjaan yang
berkualitas serta pengiriman yang tempat waktu.
c. Pelanggan antara
Merupakan kelompok ataupun
orang yang bertindak sebagai perantara produk, akan tapi bukan sebagai pemakai
akhir dari produk perusahaan. Misalnya seperti agen perjalanan yang bertindak
sebagai pemesan kamar penginapan untuk para pemakai akhir atau seperti distributor
yang bertindak dalam mendristibusikan produk-produk perusahaan.
B.
Kebutuhan Pelanggan
Berikut merupakan cara mudah
memahami kebutuhan pelanggan :
• Mengetahui karakter pelanggan
• Membuat hipotesis
• Segera eksekusi
• Jangan hanya terpaku data
• Melakukan pendekatan kepada pelanggan dengan sikap yang empat
• Menghindari sikap mencari-cari alas an
• Tidak memberikan interpretasi atau penafsiran yang keliru tentang
pelangga
• Berusaha dengan penuh perhatian untuk mendengarkan permintaan dan
kebutuhan pelanggan
• Mencatat semua kebutuhan pelanggan agar tidak lupa
• Menanyakan kembali kebutuhan pelanggan jika lupa atau kurang jelas
• Memberikan penjelasan dengan sejujur-jujurnya tentang kondisi
kualitas dan harga barang yang akan dibeli oleh pelanggan
C. Pangsa
pasar proyek
Analisis pasar
dalam hal ini meliputi analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif
misalnya mengidentifikasi, memisahkan dan membuat diskripsi pasar. Sedangkan
analisis kuantitatif misalnya menghitung besarnya perkiraan penjualan satu
tahun yang akan datang.
Pada umumnya
analisis pasar meliputi: Deskripsi pasar antara lain daerah atau luas pasar,
saluran distribusi dan praktek perdagangan setempat. Analisis permintaan masa
lalu dan masa sekarang termasuk besarnya jumlah dan nilai konsumsi barang/jasa
yang bersangkutan serta identifikasi konsumen barang/jasa. Analisis penawaran
barang/jasa pada masa lalu dan masa sekarang (baik dari impor maupun produksi
lokal) juga termasuk informasi mengenai keadaan persaingan, harga penjualan
yang terjadi, kualitas dan strategi pemasaran para pesaing.
D. Faktor Lingkungan Eksternal
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhvdABiA-LZ1Kn48eP6HiHmUlQFlfsbTwl3SFwt2XWK4Fv60J-CfsiylR-jRBmfjTZQx9HvXVfAeuSD2K7ZffVkTwNyvJJLBNphNg4BVw9bFOVIHrEGEOE_IhtwSzr4Kk7eTJHE2FFL7gM/s400/slide_2.jpg)
• Lingkungan
eksternal adalah semua kejadian di luar perusahaan yang memiliki potensi untuk
mempengaruhi perusahaan.
• Lingkungan
eksternal terdiri dari unsur-unsur di luar perusahaan yang sebagian besar tak
dapat dikendalikan dan berpengaruh dalam pembuatan keputusan oleh manajer.
• Lingkungan
eksternal terdiri atas unsur-unsur yang berada di luar suatu organisasi, yang
relevan pada kegiatan organisasi itu.
Comments
Post a Comment