Skip to main content

Tugas1_jardas_NabilHamzahAlbantaniXTKJ1



NAMA:NABIL HAMZAH AL-BANTANI
KELAS:X TKJ 1
Tugas
1.Apa yang dimaksud dengan jaringan?
2.Jelaskan macam-macam jaringan!
3.Apa yang dimaksud dengan topologi jaringan?
4.Jelaskan macam-macam topologi jaringan!
5.Sebutkan perangkat yang dibutuhkan dalam membuat jaringan!
6.Jelaskan manfaat sharing data dalam jaringan!
                                        JAWAB
1.   1.  Jaringan komputer
adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.
2.       

 2.Lokal area network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas.Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km. ·Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet.  Jaringan Nirkabel(WI-FI) Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik.
3.      

3. Pengertian topologi jaringan komputer - Pengertian topologi jaringan adalah suatu tehnik untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya yang merangkai menjadi sebuah jaringan.


44.     MACAM-MACAM TOPOLOGI:
-Topologi bus merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel sepaksi menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain.
-Topologi cincin adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.
-Topologi Pohon adalah kombinasi karakteristik antara topologi star dan topologi bus. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi star yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai backbone.
-Topologo linear adalah Jaringan komputer dengan topologi runtut (linear topology) biasa disebut dengan topologi bus beruntut, tata letak ini termasuk tata letak umum.
- Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna.
- Topologi Mesh adalah suatu topologi yang memang didisain untuk memiliki tingkat restorasi dengan berbagai alternatif rute atau penjaluran yang biasanya disiapkan dengan dukungan perangkat lunak atau software.



  
5. >Komputer
     >Kabel/wireless
     >Konektor
     >Switch atau Hub
     >Server
     >Repeater
     >Bridge
     >Router
     >Modem

6. Manfaat Sharing Device

Sharing device memiliki beberapa manfaat atau keuntungan antara lain :
1.     Menghemat waktu, tenaga dan biaya
2.     Dapat mengirim file dari satu computer secara langsung ke komputer lain dalam satu jaringan
3.     Satu device (contoh: printer) dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam satu jaringan


TERIMA KASIH

Comments

Popular posts from this blog

Memahami Permintaan dan Kebutuhan Pelanggan

Memahami Permintaan dan Kebutuhan Pelanggan A.   Permintaan Pelanggan Pelanggan adalah orang atau instansi atau lembaga yang melakukan pembelian produk baik barang maupun jasa secara berulang – ulang Pengumpulan Informasi, Pengelolaan Dan Implementasinya Di Tempat Kerja. Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Permintaan berkaitan dengan keinginan konsumen akan suatu barang dan jasa yang ingin dipenuhi. Dan kecenderungan permintaan konsumen akan barang dan jasa tak terbatas. Macam – macam pelanggan : 1)    Pelanggan dari segi banyaknya 2)    Pelanggan dari segi usia 3)    Pelanggan dari segi jenis kelamin 4)    Pelanggan dari segi tingkat pendapatan 5)    Pelanggan dari segi pendidikan 6)    Pelanggan dari segi waktu pembelian 7)    Pelanggan dari segi alur penjualan 8)    Pelanggan dari segi geografis 9)    Pelanggan dari segi agama Jenis-Jenis pelanggan Umumnya terdapat 3 (t

Tutorial Cara Setting Mikrotik Sebagai Router Gateway Internet di Virtualbox dan Winbox

Saya akan memaparkan tentang cara sharing internet ke mikrotik yang ada di virtualbox. Maksudnya gateway internet itu apa sih? Perlu Anda ketahui gateway internet ini sebuah istilah yang sering saya gunakan. Maksudnya adalah router mikrotik ini nantinya akan digunakan sebagai jalan keluar untuk mengakses internet. Jadi, setiap komputer yang hendak mengakses internet pastinya melalui router mikrotik tersebut. Mungkin penjelasan tersebut agak berbelit-belit, namun jangan terlalu dipikirkan. Sebelum masuk ke pengaturan mikrotik di winbox terlebih dahulu kita seting network virtualbox. Langsung saja kita mulai come on come on Baby.... Konfigurasi Network di VirtualBox Dalam virtualbox, terdapat 2 tipe konfigurasi jaringan agar kita terkoneksi pada jaringan internet maupun jaringan dari komputer host kita sendiri, agar bisa saling sharing data antara Operasi sistem yang ada pada VirtualBox dengan Operasi sistem yang anda pada komputer kita. Langkah –langkah untuk mensharing data da

CARA MEMBUAT HOTSPOT DI MIKROTIK DAN MENGUBAH HALAMAN LOGIN HOTSPOT

CARA MEMBUAT HOTSPOT DI MIKROTIK DAN MENGUBAH HALAMAN LOGIN HOTSPOT Mikrotik  adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot dan warnet. Di sini kita menggunakan Mikrotik untuk membuat wifi hotspot dan menghubungkan dengan winbox langsung saja katia mulai. Come on come ob Baby.... Pertama buka Virtual Box yang sudah terinstal Mikrotik → kemudian kita atur Network yang ada pada Virtual box seperti yang pada gambar dibawah ini: Star Mikrotik lalu konfigurasi ip address pada Mikrotik Berikut konfigurasi ip address pada mikrotik Ketikan Perintah : [ ip address add address=192.168.50.1/27 interface=lan ] Keterangan :  Interface yang dipilih adalah lan karna interface lan menghubungkan mikrotik kelocal area network /untukclient router mikrotik Konfigursi Ip Hotspot Ber