Skip to main content

Cara Setting IP di Debian

Bagaimana Cara setting ip address di Linux..? Berikut ini cara-cara Untuk mensetting Linux debian

Simak langkah-langkah berikut.
1.Hidupkan komputer dengan Sistem Oerasi Linux Debian milik anda.
2.Login pada salah satu user.
3.Setelah login pada salah satu user Debian, kita perlu login ke super user. Caranya ketikan perintah “su” kemudian masukan password root. Perhatikan gambar berikut. Pastwordnya di isi dengan mana user kamu misal "regi"
Konfigurasi IP Address Linux Debian CLI
4. Edit file interfaces yang berada di direktori /etc/network dengan perintah "nano /etc/network/interfaces" tanpa tanda petik

  5. Bila kalian sudah mengetikan perintah di atas, maka akan muncul tampilan kurang lebih seperti gambar di bawah ini


 6. Ubah sedikit script
yang ada di file konfigurasi (file interfaces), dengan keterangan : 
allow-hotplug di ganti dengan auto, dan kata dhcp di ganti dengan static, lalu di bawahnya di isi dengan ip yang mau kita tentukan dan sesuaikan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini. Bila terasa sudah tidak ada lagi yang mau ketik (selesai), silahkan tekan "Ctrl + x  =>  y  => Enter". itu berfungsi untuk mengesave file yang telah kita edit. untuk contoh mudahnya seperti Ctrl + s di Msword.

address 192.168.10.1      => ip komputer
nemask 255.255.255.0
network 192.168.10.0
broadcast 192.168.10.254
gateway 192.168.10.1


 7. Selanjutnya jika kalian sudah menyetting dan mengesave file konfigurasi interface, sekarang kita restart interfacesnya, agar bisa langsung di lihat hasilnya apakah konfigurasi kita benar atau salah, dan cara untuk merestartnya yaitu dengan mengetikan perintah "/etc/init.d/networking restart"


 8. Bila kalian mengkonfigurasinya dengan baik tanpa ada kesalahan, maka hasil bila interfacesnya di restart akan muncul tampilan seperti gambar berikut.


 9. Dan untuk mengetahui apakah ip yang di setting kita sesuai dengan apa yang kita inginkan dalam penyetingan tadi, kita hanya cukup mengetikan perintah "ifconfig", dan taraa bisa di lihat pada gambar dibawah, bahwa ip dari komputer debian ini adalah 192.168.10.1 (sesuai dengan apa yang kita setting tadi)


jadi bisa di pastikan bahwa proses konfigurasi IP Address pada Debian 7 ini behasil dengan sempurna, tanpa ada masalah.


  • Untuk menguji koneksi, ketikan perintah ping[spasi]ip address. Contoh ping 192.168.27.20

Konfigurasi IP Address Linux Debian CLI

Jika muncul tampilan proses ping seperti gambar di atas maka dipastikan bahwa konfigurasi IP address telah berhasil.
Proses ping pada sistem Linux Debian berjalan secara terus-menerus. Kita bisa mengakhiri proses ping dengan cara menekan tombol ctrl+c..

SEKIAN WASSALAMUALAIKUM WR. WB.

Comments

Popular posts from this blog

Memahami Permintaan dan Kebutuhan Pelanggan

Memahami Permintaan dan Kebutuhan Pelanggan A.   Permintaan Pelanggan Pelanggan adalah orang atau instansi atau lembaga yang melakukan pembelian produk baik barang maupun jasa secara berulang – ulang Pengumpulan Informasi, Pengelolaan Dan Implementasinya Di Tempat Kerja. Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Permintaan berkaitan dengan keinginan konsumen akan suatu barang dan jasa yang ingin dipenuhi. Dan kecenderungan permintaan konsumen akan barang dan jasa tak terbatas. Macam – macam pelanggan : 1)    Pelanggan dari segi banyaknya 2)    Pelanggan dari segi usia 3)    Pelanggan dari segi jenis kelamin 4)    Pelanggan dari segi tingkat pendapatan 5)    Pelanggan dari segi pendidikan 6)    Pelanggan dari segi waktu pembelian 7)    Pelanggan dari segi alur penjualan 8)    Pelanggan dari segi geografis 9)    Pelanggan dari segi agama Jenis-Jenis pelanggan Umumnya terdapat 3 (t

Tutorial Cara Setting Mikrotik Sebagai Router Gateway Internet di Virtualbox dan Winbox

Saya akan memaparkan tentang cara sharing internet ke mikrotik yang ada di virtualbox. Maksudnya gateway internet itu apa sih? Perlu Anda ketahui gateway internet ini sebuah istilah yang sering saya gunakan. Maksudnya adalah router mikrotik ini nantinya akan digunakan sebagai jalan keluar untuk mengakses internet. Jadi, setiap komputer yang hendak mengakses internet pastinya melalui router mikrotik tersebut. Mungkin penjelasan tersebut agak berbelit-belit, namun jangan terlalu dipikirkan. Sebelum masuk ke pengaturan mikrotik di winbox terlebih dahulu kita seting network virtualbox. Langsung saja kita mulai come on come on Baby.... Konfigurasi Network di VirtualBox Dalam virtualbox, terdapat 2 tipe konfigurasi jaringan agar kita terkoneksi pada jaringan internet maupun jaringan dari komputer host kita sendiri, agar bisa saling sharing data antara Operasi sistem yang ada pada VirtualBox dengan Operasi sistem yang anda pada komputer kita. Langkah –langkah untuk mensharing data da

CARA MEMBUAT HOTSPOT DI MIKROTIK DAN MENGUBAH HALAMAN LOGIN HOTSPOT

CARA MEMBUAT HOTSPOT DI MIKROTIK DAN MENGUBAH HALAMAN LOGIN HOTSPOT Mikrotik  adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot dan warnet. Di sini kita menggunakan Mikrotik untuk membuat wifi hotspot dan menghubungkan dengan winbox langsung saja katia mulai. Come on come ob Baby.... Pertama buka Virtual Box yang sudah terinstal Mikrotik → kemudian kita atur Network yang ada pada Virtual box seperti yang pada gambar dibawah ini: Star Mikrotik lalu konfigurasi ip address pada Mikrotik Berikut konfigurasi ip address pada mikrotik Ketikan Perintah : [ ip address add address=192.168.50.1/27 interface=lan ] Keterangan :  Interface yang dipilih adalah lan karna interface lan menghubungkan mikrotik kelocal area network /untukclient router mikrotik Konfigursi Ip Hotspot Ber